Latest Movie :

Mobil - Alfa Romeo

Alfa Romeo merupakan perusahaan mobil buatan Italia. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1910. Markas besarnya berada di Torino, Italia.Pada awalnya, perusahaan ini dikenal dengan nama A.L.F.A., singkatan dari Anonima Lombarda Fabbrica Automobili. Perusahaan ini merupakan divisi dari Fiat, bergabung dengan Fiat sejak tahun 1986.
Sebuah perusahaan yang menjadi cikal bakal Alfa Romeo sekarang ini didirikan dengan nama Società Anonima Italiana Darracq (SAID) pada tahun 1906 oleh seorang Perancis bernama Alexandre Darracq, bersama dengan beberapa investor dari Italia. Pada tahun 1909, mobil-mobil Darracq di Italia perlahan-lahan dijual dan kemudian perusahaan baru ini dinamai A.L.F.A. (Anonima Lombarda Fabbrica Automobili. Perusahaan ini masih melakukan kerjasama dengan Darracq. Mobil pertama yang bukan buatan Darracq diproduksi oleh perusahaan ini adalah 24 HP tahun 1910, didesain oleh Giuseppe Merosi. A.L.F.A. kemudian masuk ke arena balap Targa Florio tahun 1911 dengan mobil 24 HP ini. Di bulan Agustus 1915 datanglah seorang pengusaha Nicola Romeo, yang mengubah pabrik perusahaan ini untuk memproduksi benda militer yang akan digunakan Italia dalam perang. Tahun 1920, nama perusahaan ini berganti menjadi Alfa Romeo dengan diluncurkannya mobil Torpedo 20-30 HP.
Tahun 1928 Nicola Romeo meninggalkan perusahaan ini setelah konraknya berakhir. Di akhir 1932, Alfa Romeo diselamatkan oleh pemerintahan Benito Mussolini. Perusahaan ini agak kesulitan untuk kembali mencetak keuntungan pasca Perang Dunia II. Akhirnya perusahaan memilih untuk memproduksi mobil-mobil kecil daripada memproduksi mobil mewah buatan tangan.
Selama periode 1960-an dan 1970-an Alfa Romeo memproduksi mobil-mobil meskipun perusahaan induknya, Finmeccanica, kesulitan dana sehingga harus menjual merek ini ke Grup Fiat tahun 1986.
Alfa Romeo telah sukses berkompetisi di berbagai ajang balap mobil (Formula Satu, Reli). Di berbagai kejuaraan itu, Alfa Romeo pernah menjadi konstruktor sekaligus pemasok mesin juga. Enzo Ferrari mendirikan tim balap Scuderia Ferrari pada tahun 1929 pada awalnya sebagai tim Alfa Romeo, kemudian ia memilih berpisah pada tahun 1939 sebagai tim sendiri.

Alfa Romeo Automobiles S.p.A.
JenisSwasta
IndustriOtomotif
PendahuluSocietà Anonima Italiana Darracq (SAID)
Didirikan24 Juni 1910 di Milan, Italia
PendiriAlexandre Darracq/Ugo Stella
Nicola Romeo
Kantor pusatTurinItalia[1]
Daerah layananSeluruh dunia
Tokoh pentingJohn Elkann (Presiden)
Harald J. Wester (CEO)
ProdukOtomotif
Produksi130.000 unit (2011)
IndukFiat Group Automobiles S.p.A.
Situs webwww.alfaromeo.com
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Alat Berat | Motor | Sepeda
Copyright © 2012. Kendaraan Mobil - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger